Rabu, 09 Desember 2009

AUCKLAND

DARI WAITOMO CAVE MENUJU AUCKLAND +/- 5 JAMMerupakan kota terbesar di New Zealand, letaknya sangat strategis di antara pelabuhan WAITEMATA dan pelabuhan MANUKAU dengan populasi +/- 900.000 jiwa.

Kota ini dikenal orang sorganya bagi yang punya hobby berlayar sehingga mendapat julukan istimewa yaitu kota pelayaran. Mayoritas penduduknya adalah pendatang dari Eropa sedangkan orang Maori berkisar 140.000 jiwa tinggal di kota ini.

HARBOUR BRIDGE.

Harbour Bridge di Auckland dibangun pada tahun 1960 an, dahulu hanya 4 lines, belakangan ditambah lagi 4 lines sehingga menjadi 8 lines. Kontraktornya adalah orang Jepang dan jalan yang 4 lines lagi dibuatnya di Jepang ( 2 lines untuk pejalan kaki, 2 lines untuk sepeda dan untuk kendaraan bermotor .
Tinggi jembatan ini mencapai 43 m dan panjang sekitar 2 km.

Dari atas harbour bridge kita dapat melihat perahu layar yang ditambatkan saja ( yang stand by ) +/- 1500 buah perahu.
Tahun 1970 Harbour Bridge baru ditambah sehingga menjadi 8 lines.

MT. EDEN.

Kita juga mengunjungi Mt. Eden, dahulu adalah gunung berapi yang berbentuk kawah dengan ketinggian +/- 900 m, pada saat kita menanjak Mt. Eden kita akan melihat 3 buah bukit yang merupakan tugu peringatan untuk orang Maori, di mana pada saat itu ada seorang Inggris yang banyak menolong orang Maori dan pada saat ia meninggal, orang Maori menguburkannya di bawah bukit tersebut.

WATER FRONT DRIVES

Kita juga melewati Water Front Drives yaitu perumahan orang orang elit orang Auckland di daerah pantai, di mana rata rata pemilik rumah memiliki yach ( perahu layar ) harga rumahnya berkisar dari 1- 10 juta dollar New Zealand.

MEMORIAL MUSEUM

Tujuan terakhir kita menuju ke Memorial Museum.
Museum ini dibuka setiap hari dari pk. 10.00 - 17.00 sore, kecuali hari Natal & Jumat Agung.

Auckand Memorial ini terdiri dari 3 lantai. ( merupakan koleksi suku Maori dan Polinesia yang terbaik )

Lantai dasar : terdapat barang barang kesenian bangsa Asia termasuk wayang kulit dari Indonesia, barang antik dari China.
Yang menarik adalah sebuah Kano peninggalan orang Maori yang panjangnya +/- 100 m, dibuat dari kayu TOTARA ( pohon khas New Zealand ), kano ini dibuat tanpa sambungan dan dipergunakan oleh orang Maori untuk perang antar suku & mereka menggunakan kano itu untuk menyeberangi lautan Pacific sewaktu mereka datang pertama kalinya ke New Zealand.
Dan juga terdapat pula contoh contoh rumah orang Maori.

Lantai I : Koleksi barang barang porselin & serangga yang diawetkan, burung burung yang terdapat di New Zealand.

Lantai II : Koleksi senjata perang dunia I-II

Tambahan :
Pada saat kita tinggal di hotel Hyatt Rotorua di belakang hotel kita ada tempat pemandian belerang / Polynesian Pools, untuk sewa kamar pribadi NZ 6.50/jam sedangkan untuk umum NZ 5/jam, kita sarankan tamu untuk membawa handuk dari hotel, karena apabila kita menyewa handuk ada biaya sebesar NZ 2.50 dan minimum charge 3 jam.

0 komentar:

Posting Komentar