Rabu, 09 Desember 2009

ROTORUA - WAITOMO - AUCKLAND

Pagi hari setelah sarapan kita menuju ke peternakan RAINBOW FARM, di sini kita dapat melihat bagaimana anjing gembala dapat mengatur agar domba - domba yang berpencar berkumpul dan masuk ke kandang
Dan kita juga melihat peragaan pemerahan susu sapi & cara mereka membuat krim serta mentega juga tak lupa kita saksinya pencukuran bulu domba.

Dari Rainbow Farm kita menuju ke Rainbow Spring jaraknya cuma 3 menit, di Rainbow Spring ini akan kita lihat ikan Rainbow Trout. Ikan ini bibitnya dibawa ke New Zealand pada tahun 1883 dari Amerika ( California ) beratnya mencapai 3 kg, datangnya dari danau Rotorua kemudian kita melihat mini Zoo.

RAINBOW FARM MENUJU WAITOMO +/- 3,5 JAM.

Kita makan siang di THC hotel BBQ, setelah itu menuju Goa Waitomo, dulu goa ini ada dipermukaan laut jutaan tahun yang lalu. Pertama kalinya diketemukan oleh Kepala Suku Maori dan orang Eropa MR. FRED MICE pada tahun 1887.

Pada saat masuk Goa ini info ke tamu no. smoking, no picture, silent & becarefull karena agak licin di dalam terutama saat menuruni tangga batu.
Di dalam goa akan kita lihat STALAGTIT ( tetesan air gunung yang mengkikis batu batuan dengan proses beribu ribu tahun lamanya sehingga membentuk batu runcing dari bawah ke atas )

STALAGMIT yaitu tetesan air gunung yang mengikis batu batuan dengan proses beribu ribu tahun lamanya sehingga membentuk batu runcing dari atas ke bawah.
Dan di bawahnya ada ruangan seperti gereja Katedral yang merupakan tempat Akustik yang terbaik, dan akan kita lihat juga sejenis cacing yang menyala.

Perputaran Kehidupan Cacing yang menyala yang sebenarnya serangga.
1. Telur menetas menjadi larva yang tumbuh +/- 40 mm panjangnya.
2. Mereka hidup sebagai cacing yang menyala dengan menghisap serangga dengan cara mengeluarkan sinar yang menarik nyamuk serta serangga lainnya. Kehidupannya ini memakan waktu 8 bulan.
3. Setelah itu memakan waktu +/- 2 minggu untuk kemudian menjadi serangga sejenis lalat.
4. Yang betina hidupnya cuma 3 hari, sedangkan yang jantan 4 hari.
Perputaran kehidupan serangga ini +/- 9 bulan.

Di dalam goa ini kita juga naik perahu +/- 10 menit untuk melihat cacing yang menyala 1 perahu dapat muat +/- 22 orang.

0 komentar:

Posting Komentar