Rabu, 09 Desember 2009

ROTORUA

Merupakan bagian utara New Zealand.
Populasi +/- 25.000 orang, sebagian penduduknya adalah orang Maori, nama ROTORUA diambil dari nama danau disekitarnya, menurut legenda tersebutlah seorang putri yang cantik putri dari suku ARAWA yang bernama HINEMOA, putri ini tinggal di sebelah Timur Danau,
Ia jatuh cinta dengan seorang pemuda dari pulau MOKOIA, pertemuan antara keduanya dilarang sebab pemuda itu derajadnya lebih rendah seperti adat kebiasaan mereka, bahwa mereka harus menikah dengan suku yang sederajat. Sang putri berusaha melarikan diri dengan menggunakan kano, tapi malang baginya ia tertangkap oleh ayahnya, sehingga ia dijaga oleh para pengawalnya.

Hingga pada suatu malam sang pemuda yang tengah merindukan kekasihnya meniup serulingnya, alunan suara seruling memilukan hati membuat semua pengawal terlena, dan putri Hinemoa langsung melarikan diri dengan menceburkan dirinya ke danau & berenang menyeberang untuk menemui sang kekasih. Akhirnya mereka hidup bahagia dan mendirikan kota ROTORUA ini.

Kita mengunjungi WHAKAREWA-REWA ( baca Fakarewa-rewa ) yaitu perkampungan orang Maori, di sini kita akan lihat sekolah untuk orang Maori, cara mereka membuat rok wanita dari daun dan juga barang barang kebudayaan orang maori.

Kita juga melihat GAYSER ( semburan air panas ) dan lumpur panas ( 95 derajat celsius ) yang masih digunakan untuk menyembuhkan penyakit rheumatik.

Dan pada malam hari kita melihat Maori Concert pada saat makan malam di mana mereka orang Maori manari sambil menjulur - julurkan lidahnya.

Pemerintah New Zealand memberi pengecualian kepada orang Maori, apabila mereka menikah sengan sesama mereka ( orang Maori ), maka mereka akan mendapat tunjangan penuh dari pemerintah seperti pakaian, makanan, biaya sekolah untuk anaknya dan lain lain.

0 komentar:

Posting Komentar