Rabu, 14 Januari 2009

PETRONAS TWIN TOWERS - MALAYSIA


Sekarang kami akan berbagi informasi mengenai salah satu menara yang termegah di Kuala Lumpur, Malaysia. Hayo ...apa lagi kalau bukan si menara kembar "PETRONAS TWIN TOWERS" atau yang lebih sering di kenal dengan sebutan PETRONAS TOWERS atau TWIN TOWERS. Yang mana yang lebih sesuai di lidah ? Hhmmm .... bagaimana kita gunakan sebutan Twin Tower saja .... Lets Gooo ....

Twin Towers ini menjadi menara tertinggi di dunia pada tahun 1998 hingga Taipei 101 yang ada di kota Taipei, Taiwan dibangun pada tahun 2004.
Salah satu keunikan dari menara ini adalah kedua menara tinggi dari Twin Towers ini dibangun oleh perusahaan konstruksi yang berbeda. Tower I dibangun oleh HAZAMA CORPORATION dari Jepang dan Tower ke II dibangun oleh dua perusahaan Korea Selatan yaitu : SAMSUNG ENGINEERING & CONSTRUCTION dan KUKDONG ENGINEERING & CONTRACTION. Dan ternyata arsitek briliant menara kembar ini asalnya dari Argentina yang bernama CESAR PELL.

Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan ketinggian menara 451,9 meter sudah termasuk antena menara dan total lantai dari Twin Towers ini adalah 88 lantai. Coba tebak .... antara Tower I dan Tower II manakah yang lebih dulu selesai dibangun ?? ^0^ ...Yup...jawabannya adalah Tower II yang dibangun oleh perusahaan Korea. Kedua perusahaan Korea itu satu bulan lebih awal selesai membangun Tower II.


Nah ...pertanyaan yang sering ditanyakan oleh wisatawan adalah SKYBRIDGE yang terdapat di lantai 41 dan 42 pada kedua tower. Jembatan ini terletak di atas ketinggian 170 meter dari permukaan tanah dengan panjang 58 meter. Fungsi dari Skybridge ini sebagai jembatan darurat bagi kedua tower jika ada kebakaran di salah satu menara. Jembatan ini dibuka untuk umum untuk kapasitas 1.700 orang pengunjung dalam satu hari dan tidak ada biaya apapun, pelayanan mengunjungi skybridge ini dengan sistem first come first serve, mulai jam 09.00 pagi hingga jam 19.00 malam dan setiap hari senin di tutup.

Sudah cerita mengenai skybridge, bagaimana dengan fungsi kedua menara ini ?.
Tower I seluruhnya digunakan oleh Petronas Company sebagai head office dan pada tower II baru ditempati oleh perusahaan dalam dan luar negeri seperti : Al Jazeera English, Bloomberg, Boing, IBM, Khazanah National Berhad, Mc Kinsey & Co, Microsoft, The Agency, Accenture, TCS, Krawler Networks dan Reuters.
Disini juga terkenal dengan MALAYSIAN PHILHARMONIC ORCHESTRA dan SURIA KLCC yang merupakan salah satu shopping mall terbesar di Kuala Lumpur.


Hal Menarik yang perlu diketahui mengenai Twin Towers :
Tanggal 20 Maret 1997, Allain Robert Aka "Spiderman" berusaha memanjat salah satu menara Twin Tower dan berhasil ditangkap oleh polisi di lantai 60. Kejutan diberikan oleh "Spiderman" ini 10 tahun kemudian, yakni pada tanggal yang sama 20 Maret 2007 dia memanjat lagi dimenara yang lain dari Twin Tower ini. Dan lagi ia ditangkap oleh polisi dilantai yang sama pula, yaitu lantai 60....he he he (10 tahun koq nggak ada up level gitu lho ...)

TIPS :
- Bagi wisatawan yang ingin naik ke Skybridge anda harus bangun pagi untuk mengikuti antrian mengambil nomor untuk naik ke Skybridge. Ingat jumlah pengunjung dibatasi per hari dan setiap hari pengunjung di Twin Tower selalu ramai.
- Jangan sampai lupa membawa memory card dan camera anda karena pemandangan kota Kuala Lumpur cukup indah dinikmati dari ketinggian 170 meter.
- Tinggalkan barang dan peralatan yang tidak perlu di hotel atau di mobil karena anda akan melewati pemeriksaan yang cukup ketat sebelum memasuki lift menuju lantai 41 atau 42.
- Bagi wisatawan yang bepergian sendiri menggunakan kendaraan umum :
@ Anda dapat menggunakan taxi dari sentral station menuju KLCC dengan biaya sebesar 12-14 Ringgit.
@ Jika menggunakan bus, anda dapat menggunakan RAPIDKL dari star hill di jalan Bukit Bintang atau jalan Chow Kit, kemudian Drop Off poin nya di Wisma Equity di Jalan Ampang yang berseberangan dengan Twin Towers.
- Web add : http://www.petronas.com.my/

2 komentar:

dthage mengatakan...

Young,
Siip dah. aku akan pakai untuk cari ide kluyuran di sini.

Anonim mengatakan...

20 maret..
itu kan tanggal lahirku
hehehehe..

Posting Komentar