Kamis, 15 Januari 2009

GREAT WALL OF CHINA / TEMBOK CHINA BEIJING


Great Wall atau yang dikenal dengan Tembok Raksasa China dengan panjang yang mencapai 10.000 Li (+/- 64.000 Km).

Tembok ini merupakan bangunan terpanjang dalam sejarah yang pernah dibuat manusia.

Dengan panjang 64.000 Km, tinggi 8 meter dan lebar bagian atas 5 meter dan lebar bagian bawah 8 meter. Dengan jarak 180-270 meter dibuat semacam menara pengintai ( tinggi menara tersebut 11-12 meter ) sengaja dibuat untuk mencegah serbuan dari bangsa Mongol pada masa lalu.



Diperlukan waktu sampai ratusan tahun untuk menyelesaikan pembuatan tembok raksasa ini. Semula diperkirakan QIN SHI HUANG yang memulai pembangunan tembok itu, namun menurut penelitian dan catatan literatur sejarah, tembok itu telah dibuat sebelum Dinasty QIN berdiri, tepatnya dibangun pertama kali pada zaman negara negara berperang. Kaisar QIN SHI HUANG meneruskan pembangunan dan pengokohan tembok yang telah dibangun sebelumnya.



Sepeninggal Qin Shi Huang, pembuatan tembok ini sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali di zaman Dinasty SUI, terakhir dilanjutkan lagi di zaman Dinasty MING. Bentuk Tembok Raksasa yang sekarang kita lihat adalah hasil pembangunan zaman MING tadi. Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda TIONGKOK.




Tembok Besar Tiongkok dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Pada tahun 1987, Tembok Besar Tiongkok dimasukkan dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.



Demikian sekilas uraian mengenai Great Wall yang dapat kami informasikan.

0 komentar:

Posting Komentar