Rabu, 14 Januari 2009

BATU CAVE - MALAYSIA


Sekilas info hari ini mengenai BATU CAVE di Malaysia. Pastinya sudah tak asing lagi bagi rekan rekan di travel industry mengenai object ini ya....karena tempat wisata ini selalu ada disetiap itinerary FIT package maupun group tour dengan tujuan kota Kuala Lumpur .... ayo.... kita kupas sedikit mengenai Batu Cave ...^0^

Batu Cave ini adalah sebuah bukit yang memiliki banyak gua dan gua berkuil. Nama Batu Cave diambil sesuai dengan nama salah satu desa yang terletak di dekatnya dan sungai Batu yang melewati bukit ini. Batu Cave terletak di daerak Gombok 13 km dari utara kota Kuala Lumpur, Malaysia.

Di depan Batu Cave terdapat sebuah patung dengan ketinggian 42,7 meter yang terbuat dari baja dengan berat 250 ton dan dilapisi dengan cat emas sebanyak 300 liter, patung ini merupakan patung MURUGAN tertinggi di dunia. Patung ini diciptakan oleh K THOMBOOSAMY PILLAI merupakan warga Malaysia yang lahir di Singapore pada tahun 1850.


Gua ini merupakan salah satu gua yang sangat terkenal di luar dari India bagi penganut kepercayaan Hindu, karena KUIL SRI MAHAMARIAMMAN dengan panjang 400 meter dan tinggi 100 meter yang ada di gua ini dibangun pada tahun 1891 untuk menghormati LORD MURUGAN ( God of War ). Sejak tahun 1892 kuil ini merupakan pusat dari setiap perayaan THAIPUSAM di Malaysia, dan setiap tahunnya perayaan ini dapat memikiat 1,5 juta wisatawan pilgrim dari manca negara. Perayaan Thaipusam ini dirayakan setiap tahunnya pada akhir January atau awal February.

Kuil SRI MAHAMARIAMMAN terletak 100 meter dari dataran dan untuk menuju kuil ini para wisatawan diharuskan menaiki anak tangga sebanyak 272. Sebelum tiba di kuil Sri Mahamariamman wisatawan dapat singgah di art Gallery Cave dan Museum Cave yang pada tahun 2008 direnovasi dan diberi nama CAVE VILLA. Di Cafe Villa ini terdapat banyak patung dan lukisan atau gambar hindu dan ada sejarah singkat tentang kejayaan LORD MURUGAN melawan setan SOORAPADAM.

Salah satu gua yang cukup diminati di Batu Cave ini adalah YANARAMA CAVE yang terletak disisi kiri dari bukit ini. Dalam perjalanan ke Ramayana Cave terdapat patung HANUMAN dan di gua ini menggambarkan kisah RAMA dan KUMBHAKARANN yang merupakan saudara dari RAJA RAVANA dari Lanka.



Tips :
- Bagi wisatawan yang berkunjung di object ini disarankan menggunakan sepatu atau sandal
yang nyaman digunakan untuk menaiki 272 anak tanggal lho ^0^
- Jangan lupa bawa payung atau topi untuk menghindari teriknya matahari pada saat menaiki
tangga.
- Barang pribadi harus disimpan dengan baik di dalam tas anda karena dalam perjalanan ke kuil
terdapat banyak monyet dan mereka cukup aktif lo....so beware ya ...^0^
- Di Cave Villa tersedia Audia Tour dan tentu saja ini harus bayar sendiri ....^0^
- Bagi wisatawan yang travelling sendiri tanpa menggunakan jasa travel agent dapat mengguna
kan bus, berikut ini informasinya :
@ Bus No. 70 & 349 berangkat dari Lebuh Pudu ( China Town ) setiap 30 menit.

0 komentar:

Posting Komentar