Kamis, 05 Februari 2009

TERESA TENG


Teresa Teng ( lahir 29 January 1953, wafat 08 Mei 1995 ), terkadang namanya ditulis Teresa Tang, Teresa Deng atau Deng Li Jun adalah seorang penyanyi legendaris dari Taipei, Taiwan
Ia terkenal diantara komunitas masyarakat berbahasa Mandarin dan di seluruh Asia Timur, terutama Jepang, selama kurang lebih 30 tahun.
Ia terkenal hingga hari ini oleh karena lagu lagunya yang merakyat dan bernada balada romantis.

Teresa merekam beberapa lagu terkenal termasuk Kapankan Kau Akan Kembali ( He Ri Jun Zai Lai ) selain lagu lagunya yang berbahasa Mandarin, ia juga pernah merekam lagu lagu dalam bahasa tradisional Taiwan, bahasa China dialek Kanton, bahasa Jepang, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Teresa Teng meninggal akibat serangan asma akut ketika sedang berlibur di Chiang Mai, Thailand, dalam usia 42 tahun pada tanggal 08 Mei 1995. Ia di makamkan bagai seorang pahlawan di Taiwan, dengan bendera Taiwan menutupi petinya dan Presiden Taiwan saat itu Lee Teng Hui menghadiri pemakamannya.

Teresa dimakamkan di sebuah kaki gunung di Chin Pao San ( Jinbaoshan arti harafiahnya Gunung Harta Karun Emas ), dalam sebuah kompleks pemakaman dekat Jinshan dekat Taipei, Taiwan.
Sebuah patung dirinya dalam pakaian pertunjukan di pajang, diiringi dengan musik lagu lagunya sebagai latar belakangnya. didirikan sebagai tugu peringatan di tempat pemakamannya tersebut.
Di sana juga terdapat sebuah piano eletronik raksasa di mana para pelayat dapat memainkannya dengan menginjak balok balok piano tersebut. Makamnya ini sangat sering dikunjungi oleh para penggemarnya, sebuah kebiasaan yang sangat berbeda dengan kebudayaan China untuk mengunjungi pemakaman pada umumnya.

Sebuah rumah yang dibeli Teresa di tahun 1986 di Hongkong beralamatkan di Jalan Carmel Street nomor 18 juga menjadi tempat tujuan kunjungan para penggemarnya terutama begitu ketika berita kematiannya tersebar.
Rencana penjualan rumah tersebut untuk membiayai sebuah museum di Shanghai diberitakan pada tahun 2002, dan kemudian menjadikannya terjual sebesar 32 juta dollar Hongkong. Rumah itu ditutup untuk umum semenjak tanggal 29 January 2004 , hari di mana Teresa seharusnya berulang tahun ke -51.

Untuk memperingati tahun ke -10 kematiannya Teresa Teng Culture Education and Foundation meluncurkan kampanye berjudul "Feel Teresa Teng" Selain merencanakan konser di Hongkong dan Taiwan, para penggemarnya juga melayat ke makamnya di Chin Pao San, juga sebagian gaun gaun perhiasan dan barang barang pribadi Teresa juga dipajang dalam sebuah eksibisi di Yuzi Paradise sebuah taman kesenian di luar kota Guilin, China.

Pada bulan Mei 2002, patung lilin Teresa Teng dipajang untuk umum di museum lilin Madame Tussauds di Hongkong.

0 komentar:

Posting Komentar