Jumat, 13 Maret 2009

SEOUL, KOREA SELATAN

Seoul adalah ibukota Korea Selatan yang berusia lebih dari 600 tahun dan hingga 1945 ibukota dari seluruh Korea. Kota ini merupakan kota khusus Korea. Sejak berdirinya Republik Korea lebih dikenal dengan nama Korea Selatan pada tahun 1948. Dia merupakan ibukota negara kecuali beberapa waktu pada masa perang Korea.

Seoul terletak di Barat Laut Negara di bagian Selatan DMZ Korea, di sungai Han. Kota ini adalah pusat politik, budaya, sosial dan ekonomi di Korea Selatan dan Asia Timur. Dia juga pusat bisnis, keuangan, perusahaan multinasional dan organisasi global. Sampai sekarang dia dianggap sebagai sinar dari ekonomi Asia Timur simbol dari keajaiban ekonomi Korea.

Dengan 10 juta penduduk terdaftar yang hidup dalam area sebesar 605.52 Km2 Seoul merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Kepadatannya telah membuatnya menjadi salah satu kota digital kabel di dunia. Kota ini juga memiliki kendaraan terdaftar lebih dari 1 juta kendaraan yang menyebabkan kemacetan sampai lewat tengah malam.
Bagian Seoul besar dan daerah komuter termasuk dermaga kota Incheon dan daerah tempat tinggal Seongnam adalah tempat terpadat di dunia.
Dalam beberapa tahun terakhir pemerintah daerah metropolitan telah melaksanakan program pembersihan polusi udara dan air dari kota tersebut menjadikan atmosfir tidak enak menjadi sangat bersih.

TRANSPORTASI.

1. Kereta Api.a. Kereta Api diesel/listrik ( Tongil, Mugunghwa dan Saemaul ) menghubungkan Seoul dengan kota kota di seluruh Korea Selatan.
b. Subway ( 10 jalur merupakan sarana transportasi di dalam kota dan kota kota di sekeliling Seoul )
c. Kereta Api Express KTX menghubungkan Seoul dan Busan serta kota kota besar di sepanjang jalur tersebut antara lain Daejon, Daegu dan Suwon.

2. Jaringan jalan tol.
Jaringan jalan tol Korea Selatan merupakan salah satu yang terbaik di dunia, jaringan jalan tol ini menghubungkan Seoul dengan semua propinsi di Korea Selatan dan hampir semua kota kota besar lainnya.

3. Udara.
Terdapat dua bandara yang melayani penerbangan dari dan ke Seoul yaitu Incheon International Airport dan Gimpo International Airport.

TUJUAN WISATA.

1. Pasar Tradisional
a. Namdaemun
b. Dongdaemun

2. Yoidodong
Terkenal dengan pemandangan tepi sungai Han yang indah. Wisatawan dapat menikmati masakan Korea di atas restoran terapung atau menyusuri sungai ini dengan ferry.
KBRI Seoul terletak di daerah ini. Kawasan ini merupakan CBD mirip dengan daerah Kuningan Jakarta Selatan. Karena alasan itu beberapa perusahaan Korea berminat melakukan tukar guling KBRI Seoul.

3. Insandong.
Merupakan pusat cinderamata khas Korea.

4. Menara Seoul.
Awalnya merupakan pos pengamatan militer pada masa kerajaan. Kini menjadi tempat salah satu menara televisi tertinggi di Korea Selatan.

5. Itaewon.
Merupakan tempat orang orang asing biasa bermukim terutama serdadu Amerika Serikat. Banyak terdapat toko toko cinderamata dan toko toko kelontong yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari hari dari berbagai negara termasuk Indonesia. Seoul Central Mosque terletak di daerah ini. Karena itu di sepanjang jalan menuju masjid banyak terdapat toko toko yang menjual makanan halal.

1 komentar:

jamal lewinsky mengatakan...

duh kalo ngulas Seoul rasanya gak sabar kepingin ke Korea, oya saya lagi ikut event PEMILIHAN TOUCH KOREA TOUR PENGALAMAN TIM EVENT loh, kalo kamu merasa tulisan kamu oke dan bagus silahkan aja ikut eventnya, buat yang terpilih akan ke Korea gratis dan juga kita bisa ketemu artis K-Pop 2PM dan Miss A, coba aja cek infonya nih : events

Poskan Komentar